Wajib Tau… 4 Manfaat Kopi untuk Mahasiswa

Kopi tidk hanya di sukai oleh kalangan pekerja. namun ternyata Sebagai mahasiswa juga nggak bisa terlepas dari budaya minum kopi. Umumnya kita mungkin hanya menganggap minum kopi adalah sebuah “teman” dikala merokok atau sekedar ngobrol bersama teman dikantin, atau mungkin juga kita memiliki kebiasaan minum kopi dipagi hari untuk sekedar merasa fresh.

Tapi taukah kamu, bahwa selain faktor-faktor yang bersifat sugestif tersebut, ternyata kopi juga menyimpan berbagai manfaat positif yang telah teruji dalam penelitian. Nah, langsung aja inilah dia 4 Manfaat Kopi Bagi Mahasiswa:

1. Minum kopi bisa bikin smart

Saya pernah punya dosen yang ketika mahasiswanya nggak bisa jawab pertanyaan, beliau bertanya “Kamu udah ngopi belum? Kalo belum, sana ngopi dulu.” Tentu aja saya menganggap itu sebagai lelucon. Tapi ternyata seperti yang kita ketahui bahwa kopi itu mengandung kafein, dan ternyata itu merupakan zat psikoaktif yang dapat diserap oleh aliran darah, yang kemudian dibawa langsung menuju ke otak. Banyak uji coba yang menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan fungsi otak seperti suasana hati, kewaspadaan, memori, waktu reaksi dan fungsi umum kognitif.

“Kok gue rutin minum kopi tapi nggak pinter pinter?”

Hahaha. Jelas, kalo mau pinter yaaa kita harus belajar, minum kopi hanya sebagai perangsangnya aja atau sebagai pendukung untuk dapat lebih optimal.

2. Minum kopi meningkatkan memori

Berdasarkan penelitian dari Johns Hopkins University, kafein bisa meningkatkan memori Kita hingga 24 jam sejak pertama kali Kita mengonsumsinya. Katanya, seseorang yang menenggak dua cangkir kopi mampu mengingat gambar hingga 12 persen lebih baik daripada mereka yang tidak. Alasannya? Seperti yang dibahas pada poin 1, karena kafein bisa menstimulasi senyawa yang berkaitan dengan penyimpanan memori di otak. Tapi ingat, terlalu banyak mengenggak kopi juga bisa memberi efek tidak baik bagi kesehatan Kita.

3. Minum kopi bisa meningkatkan energi

Ternyata kafein yang ada dalam kopi bisa meningkatkan kinerja fisik kita, tentunya ini sangat bermanfaat banget bagi mahasiswa yang punya kegiatan padat dan tugas-tugas yang berlipat. Jadi secara ilmiah, kafein mampu merangsang sistem saraf, meningkatkan epinefrin dalam darah. Epinefrin merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh kamu siap beraktivitas secara fisik. Hal ini disebabkan oleh kafein yang sifatnya suka memecah lemak dan membakar lemak tersebut menjadi energi.

4. Minum kopi bisa redam sakit kepala

Kebiasaan minum kopi juga memberi efek positif dalam meredakan nyeri loh! Kemampuan tersebut terjalin melalui beberapa mekanisme yang mampu dilakukan oleh kafein, yakni menghambat pusat nyeri (neurotransmitter-P) dengan cara menghambat kerja adenosine, menekan nyeri dengan mengaktifkan jalur noradrenergik pusat, dan menstimulasi saraf pusat yang mengatur timbulnya rasa nyeri. Dengan efektifitas ini, kopi dapat digunakan sebagai pereda nyeri yang dialami oleh penderita migrain.

sumber : mudamedia

Baca juga :

kopi-indonesia-one

Advertisements

Kopi Murni Kopi Lokal Indonesia

Tagged with: , , ,
Posted in Artikel, Tips

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Flag Counter
%d bloggers like this: